Website Resmi MTsN 6 Hulu Sungai Selatan

MTsN 6 Hulu Sungai Selatan

Jl. Paulutan Desa Durian Rabung Kec. Padang Batung Hulu Sungai Selatan Kalimantan Selatan 71281

Mewujudkan Sinergi Antara Guru Orang Tua Dan Siswa Dalam Pembelajaran Daring

Padang Batung (MTsN 6 HSS) – Pandemi Wabah Covid 19 yang masih harus diwaspadai penyebarannya mengubah sistem pembelajaran menjadi distance learning atau sistem full daring. Sehingga situasi ini mengharuskan semua pihak mulai dari tenaga pengajar (guru) dan siswa beradaptasi menggunakan berbagai sistem pembelajaran yang tersedia dan diminati, tidak terkecuali di Madrasah kami MTsN 6 Hulu Sungai Selatan.

Sudah hampir genap satu tahun sejak pandemi ini melanda, pembelajaran setiap hari dilakukan secara daring, tentunya tidak selalu berjalan lancar seperti yang diharapkan. Pada kenyataannya  tetap ada beberapa kendala dari siswa dan guru itu sendiri. Mulai dari ketersediaan fasilitas internet, kuota data dan kemampuan guru sendiri yang belum familiar dengan aplikasi. Sehingga respon siswa pada metode pembelajaran daring ini cukup beragam. Dari hasil pembelajaran yang dilakukan secara daring selama ini, respon siswa terkadang tidak memenuhi prosentase jumlah siswa yang ada dalam satu kelas. Beberapa kendala yang sering muncul adalah siswa online tetapi tidak mengisi daftar hadir dan tidak mengerjakan tugas, Siswa melakukan absensi tetapi tidak mengerjakan tugas, Siswa mengerjakan tugas, tetapi lupa absen. Beberapa siswa bahkan sama sekali tidak absen, tidak mengerjakan, bahkan tidak online. Beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut adalah tidak adanya sarana penunjang  yaitu handphone dan paket data.

Dari beberapa masalah yang  muncul, dan sesuai dengan hasil rapat MTsN 6 HSS untuk menelusuri kebenaran fakta di lapangan tentang efektifitas pembelajaran daring, dengan melakukan home visit ke beberapa siswa yang jarang absen, atau bahkan sama sekali tidak mengerjakan tugas dari bapak ibu guru. Apalagi sekarang sudah hampir masuk dipenghujung semester dan akan segera dilaksanakan Ujian Madrasah bagi kelas IX.

Wakamad Kesiswaan Masniah, S.Ag, Guru BK Syaiful Rahman, S.Pd dan Wakamad Humas Faisal Rahman, S.E.I mendapat mandat dari Kepala Madrasah untuk mencari tahu kendala siswa dengan langsung mengunjungi kerumah siswa. Beberapa siswa yang dikunjungi tidak ada kendala teknis tentang handphone dan kuota data. Bahkan diantara mereka selalu lupa mengisi  daftar hadir dan sering ketinggalan pembelajaran. Beberapa alasan lainnya karena chat pada group kelas (WA) sering reset karena penuh.

Beberapa kunjungan juga sering didapati anak mengaku kepada orang tua sudah melaksanakan pembelajaran ternyata digunakan untuk hal lain seperti bermain game online. Dalam hal ini peran orang tua sangatlah penting untuk memantau anaknya agar aktif dan disiplin dalam mengikuti pembelajaran. Wakamad Kesiswaan Masniah pun menjelaskan bahwa siswa harus belajar pada saat jam pelajaran daring sedang berlangsung, sambil santai juga bisa. Mulai pukul 08.00 – 11.00 WITA, kalau ada masalah teknis dan sebagainya siswa bisa langsung mengambil tugas ke Madrasah dan tentu dengan mematuhi protocol kesehatan.  Madrasah tidak menuntut siswa untuk bergerak di luar batas kemampuan siswa, cukup mendisiplinkan diri mengisi daftar hadir, dan mengirim tugas dalam jangka waktu yang tidak singkat. Pihak Madrasah siap melayani dengan sepenuh  hati jika  mereka kurang memahami materi dan tugas dari bapak ibu guru. Hal ini disebabkan karena daya dukung dari dalam siswa sudah tergerus dengan aktifitas yang lainnya,seperti siswa lebih cenderung bermain game dan menonton yang lain.

Kunjungan ini dilakukan sebagai bentuk dari kepedulian Madrasah dalam mewujudkan sinergi antara guru orang tua dan siswa. Motivasi dari luar juga sangat dibutuhkan siswa, untuk memompa daya serap pemahaman terhadap penggunaan aplikasi belajar, serta memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. Orang tua pun mengetahui, jika selama ini anaknya memegang hand phone ternyata tidak digunakan sebaik mungkin untuk belajar. Oleh karena itu mari bersama-sama mewujudkan kegiatan daring yang menyenangkan, dengan terus memacu semangat belajar siswa. Semoga kunjungan ini akan mampu membawa perubahan bagi kedisiplinan siswa dalam belajar. Madrasah hebat bermartabat.(Div-Humas MTsN 6 HSS)

[elementor-template id="1197"]

Tinggalkan komentar